Kamis, 25 Januari 2018

Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Pengaruh Obat

Penyakit TB Paru adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tubercullosis, gejalanya berupa batuk lama (lebih dari 2 minggu), keringat di malam hari, nafsu makan serta berat badan turun, hingga sesak. Pengobatan TB memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung kategori kondisi pasien.

Apabila anda sedang dalam pengobatan TB Paru dan mengeluhkan mual serta muntah, hal ini mungkin sj disebabkan oleh efek samping obat. Salah satu efek samping obat anti TB adalah penyakit hati yang ditandai dengan rasa mual.


Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Pengaruh Obat_
image source: pharmafactz.com

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang menangani kasus anda, sehingga dokter dapat mempertimbangkan apakah ada obat tertentu yang perlu dihentikan atau diganti dengan jenis obat yang lain. Anda tidak disarankan untuk menghentikan obat tanpa anjuran dokter. Hal ini akan meperparah kondisi anda serta menyebabkan tubuh anda akan menjadi kebal terhadap obat anti TB.

Untuk menjaga kerja obat TB agar bekerja secara optimal, dokter akan menyarankan anda mengkonsumsi obat anti TB ketika perut dalam keadaan kosong dan dalam waktu yang sama setiap harinya. Misal setiap pagi hari saat bangun tidur atau 1-2 jam sebelum makan pagi. Namun anda juga dapat mencobamengkonsumsi obat anti TB di malam hari sebelum tidur, yakni 2-4 jam setelah makan malam. Selain itu yang dapat anda lakukan di rumah adalah menghindari makanan atau minuman yang asam dan pedas, kopi, minuman bersoda, sayuran yang mengandung gas seperti kol dan umbi-umbian.

Berdasarkan Pertanyaan: Saya pasien tb paru step 1 saya baru 8 hari mengkonsumsi obat tb paru tapi dok saya sering merasakan mual dan muntah tapi sebelumnya saya memiliki riwayat asam lambung pertanyaan saya dok apakah rasa mual dan muntah saya akibat pengaruh dari obat tb paru atau karna asam lambung saya tapi sebelumnya dok saya tidak pernah mual muntah sebanyak ini dan kalaupun karna efek obat kira kira berapa lama dok rasa mual muntah ini berlanjut dan mohon sarannya dok bagaimana cara mengurangi rasa mual muntah saya karna ini berimbas pada nafsu makan saya sekian pertanyaan saya dok..terimakasih


EmoticonEmoticon